Rabu, 05 November 2008

Pandangan perkembangan teknologi komunikasi

Pandangan Terhadap Perkembangan Teknologi Komunikasi
Teknologi Informasi komunikasi merupakan teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.
Perkembangan teknologi komunikasi di dunia menurut saya sudah mulai pesat. Saat ini kebutuhan akan teknologi sangat tinggi oleh semua golongan. Semua golongan masyarakat sudah sangat membutuhkan teknologi. Apalagi untuk berkomunikasi. Sudah semakin berbagai macam saja alat komunikasi yang diusahakan untuk menyesuaikan kebutuhan setiap manusia. Dari yang kita tahu hanya handie talkie. Sekarang sudah berkembang dengan adanya telepon selular .
Dulu telepon kabel, lalu telepon selular. Tapi sekarang telepon selular sudah berevolusi menjadi teknologi yang sangat mutakhir. Telepon selular tidak hanya untuk menelpon atau sms saja. Tetapi bagaimana bisa sebuah benda segenggam tangan sudah bisa mentransfer suara, gambar, video dan lain-lain. Bahkan ada telepon selular yang di ciptakan untuk kalangan-kalangan tertentu. Misalnya pecinta game, pecinta browsing. Yang dulu kita lakukan dengan sebuah komputer , sekarang sudah bisa dilakukan oleh telepon selular. Bahkan bagi individu pencinta lifestyle sekalipun sudah ada telepon selularnya.
Tidak hanya itu telepon selular selain berguna untuk berkomunikasidan mentransfer data saat ini juga sudah bisa menerima informasi dari berbagai macam media di dalamnya. Internet, TV, radio. Perkembangan teknologi komunikasi menurut saya sudah bukan menjadi penghalang ruang dan waktu bagi setiap individu yang menggunakannya. Bayangkan saja di Indonesia saat ini sudah mengenal system 3G yang memiliki kemampuan fitur untuk mentransfer data dengan cepat bahkan mereka yang menggunakan fitur ini bisa melihat apa yang dilakukan pelaku komunikasi itu sendiri.
Setiap perubahan pasti ada dampak positif dan negatifnya. Begitupun perubahan teknologi komunikasi yang pesat saat ini. Banyak orang yang memutar otak dalam penggunaan teknologi komuniasi yang mereka miliki. Tergantung kebutuhan individunya masing-masing.
Inilah yang menyebabkan dampak yang negatif dan positif dalam penggunaannya. Walalupun perkembangan teknologi di Indonesia tidak sepesat di negara bagian barat. tetapi di Indonesia tidak kalah saing dalam penggunaannya.

Tidak ada komentar: