Senin, 15 Desember 2008

konvergensi komunikasi

Konvergensi dan Gaya Hidup PDF Print E-mail

Image

Communication Asia (CommunicAsia), even akbar tahunan di Asia Tenggara yang memamerkan berbagai inovasi di bidang teknologi komunikasi dan informasi, kembali digelar pada tanggal 17 – 20 Juni 2008 di Singapore Expo, Singapura. Ajang ini masih menjadi etalase bagi perkembangan konvergensi digital di bidang teknologi komunikasi dan informasi yang belum pernah ada sebelumnya.

Tahun lalu, ajang ini diikuti oleh lebih dari 68 ribu pengunjung dari 107 negara di dunia. Seperti tahun-tahun sebelumnya, CommunicAsia 2008 juga digelar bersamaan dengan pameran lain yang mengusung format sama. Tahun ini, CommunicAsia digelar bersamaan dengan EnterpriseIT, InteractiveDME, BroadcastAsia, serta CGOverdrive sebagai tambahan.
Dalam CommunicAsia 2008 juga digelar berbagai seminar di bidang teknologi komunikasi dan informasi. Para pembicara dalam seminar ini akan membedah peluang dan tantangan teknologi Mobile TV, WiMAX, dan IPTV yang akan banyak mewarnai perkembangan teknologi komunikasi dan informasi di masa mendatang.

Kompleksitas dan keberagaman even dalam CommunicAsia 2008 akan memanjakan pengunjungnya. Disini mereka akan menemukan solusi bisnis dan teknologi untuk meningkatkan mobilitas perusahaan dan lifestyle si pemakai. Teknologi yang dipamerkan meliputi operator seluler, ISP, teknologi penyiaran radio dan televisi, studio produksi, rumah animasi, sampai produsen grafis komputer.

Dalam pameran ini terlihat bahwa gaya hidup manusia akan banyak ditentukan oleh platform teknologi komunikasi dan informasi atau biasa disebut sebagai era konvergensi media. Pergeseran ke platform Internet Protokol (IP) Network menjadi solusi terhadap masalah-masalah yang dihadapi umat manusia saat ini. Pemanfaatan IP Network bukan hanya akan mengubah gaya hidup, tetapi membuat manusia semakin efektif dan efisien menggunakan sumberdaya yang ada dengan capaian hasil maksimal.

Dengann IP Network maka kebutuhan kita akan komunikasi, informasi, hiburan, dan bekerja akan berbasis pada internet. Diramalkan bahwa bilamana IP Network dapat dilaksanakan secara luas maka akan terjadi efisiensi energi sampai 30% dan akan mereduksi mobilitas manusia sampai 50% karena orang akan tetap berada rumah atau dimana saja untuk bekerja. Selain itu, era konvegensi akan mendorong manusia untuk lebih produktif dalam bekerja. Dia bisa berkreasi sambil memanjakan diri dengan keluarganya melalui konsep hiburan, bekerja, dan rekreasi.

Kita juga akan dimanjakan oleh device telepon seluler (ponsel) yang juga bisa berfungsi sebagai studio dimana kita dapat mengedit dan mendesain foto-foto yang ada di dalamnya, apalagi bila ditunjang dengan memori internal yang besar. Kita juga bisa mengakses internet dari mana saja, termasuk kafe maupun taman, secara nirkabel. Kemudian ponsel yang dilengkapi Global Positioning System (GPS) bisa membantu pengendara mobil menjelajahi daerah yang tidak dikenalinya. Tren feature ponsel serba bisa itu diusung oleh merek-merek ternama yang selama ini menguasai pasar, seperti Samsung, LG, Sony Ericsson, dan Nokia.

Tetapi era konvergensi juga harus diwaspadai karena selain akan membuat seseorang berperilaku produktif dan kreatif juga berpotensi seseorang untuk berperilaku konsumtif. Bila kurang cermat dalam menghadapi era konvergensi saat ini, kita justru akan menggunakan fasilitas internet yang ada untuk perilaku yang tidak produktif. Ujung-ujungnya, penggunaan fasilitas nirkabel yang harus dibayar mahal tidak dibarengi dengan produktivitas dan kreatifitas yang tinggi. *)

Laporan dari CommunicAsia 2008, Singapura (1)
Oleh: M. Hidayat Nahwi Rasul (Ketua Forum Telematika Kawasan Timur Indonesia)

Tidak ada komentar: